Membuat Dreamspark Account Terverifikasi untuk Kampus yang Belum Ada di List Dreamspark

Dreamspark merupakan suatu program dari Microsoft untuk menyalurkan aplikasi – aplikasi yang sekiranya diperlukan oleh para pelajar. Untuk mendapatkan akun dreamspark biasanya suatu institusi pendidikan sudah melakukan agreement dengan Microsoft untuk kerjasama di dreamspark. Berhubung tidak semua sekolah atau kampus di Indonesia sudah tergabung di dreamspark, maka sekarang saya akan share cara mendapatkan akun dreamspark yang kini juga berguna untuk mendapatkan semacam developer license agar bisa melakukan unlock pada windows phone dan submit apps gratis ke store.

Berikut merupakan tahap – tahapnya :

  1. Masuk ke web Dreamspark kemudian masuk ke menu student dan kemudian pilih opsi Create account, silahkan disana masukkan data – data yang diminta. Setelah itu silahkan klik continue to verify.
  2. Sekarang kita berada di opsi verifikasi account, silahkan klik opsi “get verified” silahkan ketik nama sekolah / kampus kalian, kalau ternyata memang tidak ada di list, maka klik button “don’t see your school?” setelah itu silahkan cek lagi pada listbox yang muncul, kalau tetap tidak ada, maka klik di bagian “still can’t find your school?” kita kemudian akan berpindah ke halaman¬† “manual verification request”
  3. Pada bagian ini silahkan masukkan data yang diminta selengkap dan sebenar – benarnya, nama institut harus benar – benar lengkap dan baku (jangan hanya singkatan atau nama keren) , untuk institut type bagi yang berkuliah bisa memilih opsi “higher education”. Kita juga diminta melampirkan bukti bahwa kita benar – benar pelajar di tempat tersebut. Nama dokumen yang dikirim tolong dibuat dengan lengkap dan jelas. Untuk bukti yang di attach saya sarankan menggunakan KTM, student card, atau sebangsanya. Kemudian jangan lupa juga membuat comment pada textbox yang ada, silahkan buat kata – kata yang singkat namun menunjukkan kita benar sedang belajar dan butuh akun dreamspark Jika sudah maka silahkan submit dan tunggu email reply dari Microsoft.
  4. Silahkan pantau email karena nantinya akan ada email dari microsoft academic verification dimana kalian akan diberi link yang harus di klik untuk finalisasi verifikasi.
  5. Jika sudah berhasil, maka akun anda sudah resmi terdaftar dan terverifikasi oleh Microsoft dan anda dapat mendownload aplikasi – aplikasi yang disediakan pada catalog dreamspark.

 

AKUN WINDOWS PHONE DEV CENTER

Selain download software gratis, dengan memiliki akun dreamspark kesempatan membuat akun windows phone dev center secara gratis juga menjadi terbuka. Berikut merupakan tutorial tambahan untuk membuat akun di WP dev center.

  1. Pastikan kalian telah memiliki Microsoft Live ID
  2. Pastikan telah melakukan sinkronisasi akun dreamspark ke email, ini bisa dilakukan dengan ke login ke dreamspark setelah dreamspark terverifikasi.
  3. Setelah kedua hal tersebut dilakukan, silahkan login di WP dev center menggunakan Live ID kemudian setelah itu masuklah ke halaman berikut.
  4. Disana kalian akan diminta untuk memilih tipe akun yang akan dibuat, silahkan pilih opsi student, disalah peran dreamspark untuk membuat anda bisa memiliki developer account secara gratis. Masukkan data – data yang diperlukan secara lengkap dan mendetail karena data anda terutama publisher name (create it as unique & cool as possible :P ) anda akan ada di market place ketika sudah submit aplikasi ke marketplace. Setelah semua data dimasukkan secara lengkap dan sudah diproses maka tinggal menunggu email verifikasi yang masuk dari windows phone dev center.
  5. Ketika email dari windows phone dev center yang berisi data lengkap anda sebagai developer, maka anda sekarang sudah bisa mendevelop aps, mendeploy pada device, dan submit apps ke marketplace.
  6. Untuk melakukan unlock + register windows phone supaya bisa dideploy aplikasi kita sendiri, maka silahkan ikuti tutorial resmi dari MSDN

Sekian tutorial ini, semoga dapat bermanfaat bagi teman – teman semua :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>