mengatasi harddisk tidak terdeteksi setelah sleep, windows 7

Saya baru saja beberapa hari yang lalu mengganti motherboard dengan asrock H87-fatality. Setelah melakukan instalasi ulang OS menggunakan windows 7, saya menemui sebuah masalah ketika menghidupkan komputer dari mode sleep. Masalah tersebut adalah: harddisk kedua saya tidak terdeteksi, yang terdeteksi hanya harddisk pertama yang merupakan harddisk tempat OS terinstall. Setelah utak atik dengan berbagai cara, saya menemukan beberapa opsi yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini:

  1. Pastikan hadware harddisk tidak bermasalah, bisa dicek melalui BIOS ataupun cabut dan pasang kembali kabel sata ketika dalam kondisi hidup. Ketika setelah “cabut-pasang” harddisk terdeteksi kembali, berarti tidak ada masalah dengan harddisk anda.
  2. Pastikan driver motherboard sudah terinstall semua, termasuk utility seperti intel rapid storage technology. Biasanya kita terlupa di bagian ini, karena merasa komputer sudah bisa berjalan normal, akhirnya tidak melakukan instalasi driver, padahal itu perlu karena beberapa fitur hanya akan bisa berjalan dengan baik ketika semua driver sudah terpasang.
  3. jika semua driver sudah terpasang tetapi masalah tetap terjadi, maka bisa coba menggunakan cara yang ada di link berikut

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>