Diagnosa side-by-side failure menggunakan fitur sxstrace.exe

Ketika melakukan instalasi atau menjalankan program di windows, kita bisa saja mendapatkan notifikasi “Error: The application has failed to start because the side by side configuration is incorrect please see the application event log or use the command line sxstrace.exe tool for more detail”. Untuk mengetahui cara mengatasi error tersebut, berikut cara untuk mendiagnosa error yang terjadi dengan menggunakan fitur sxstrace pada windows. Pada tutorial ini menggunakan windows 7.

1. Buka cmd dan jalankan dengan user administrator

2. Jika sudah, maka ketik dan eksekusi command berikut pada cmd terminal: sxstrace trace -logfile:myfile.log

3. Biarkan cmd terminal tetap aktif dan jalankan kembali aplikasi yang error tersebut

4. Kembali ke window cmd terminal kemudian tekan enter untuk menghentikan proses trace

5. Pada tahap ini anda akan mendapati adanya file dengan nama myfile.log di path system32. Namun file ini masih sulit terbaca karena memiliki bentuk yang berantakan.

6. Untuk membuat file log mudah dibaca, kembali ke window cmd terminal, kemudian ketik dan eksekusi command berikut: sxtrace parse -logfile:myfile.log -outfile:myfile.txt

7. Jika sudah dijalankan dengan benar, maka anda akan menemukan file myfile.txt. Didalam file tersebut akan terdapat keterangan detail mengenai mengapa aplikasi yang kita jalankan mengeluarkan pesan error. Informasi ini sangat berguna untuk mengetahui penyebab asli dari permasalahan yang muncul.

video tutorial: https://www.youtube.com/watch?v=ZS_O8zRrM0M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>