Mengakses Harddisk External yang Tidak Terdeteksi

Salah satu momok utama bagi para pengguna harddisk external adalah ketika harddisk external yang dimiliki tiba-tiba tidak bisa terdeteksi / terbaca ketika disambungkan ke komputer / laptop. Saya akan membagikan salah satu trik yang dapat dicoba untuk dapat kembali mengakses harddisk yang tidak terdeteksi / tidak terbaca. Definisi tidak terdeteksi / tidak terbaca sendiri adalah ketika pada viewer list folder / drive , harddisk yang sudah disambungkan ke komputer / laptop ternyata tidak ada.

Sebelum melanjutkan, saya ingatkan bahwa trik ini tidaklah sebuah “silver bullet” yang pasti dapat memecahkan seluruh masalah mengenai harddisk external yang tidak terdeteksi, karena terdapat banyak hal yang menjadi penyebab tidak terdeteksinya harddisk external dan masing-masing permasalahan bisa jadi memiliki cara pemecahan tersendiri.

Trik ini dapat dicoba jika harddisk external ketika disambungkan ke komputer masih berputar secara normal, dalam artian jika harddisk dipegang masih terasa getaran akibat putaran piringan harddisk secara konstan.

Syarat utama trik ini adalah dilakukan pada unix based os, yaitu Linux ataupun Mac OS. Mungkin trik ini dapat juga dicoba di windows dengan alur treatment yang sama.

Tahap – tahap yang harus dilakukan adalah:

  1. Pastikan harddisk yang tidak dapat terbaca ini sudah tersambung dengan baik ke komputer / laptop
  2. Pastikan harddisk sudah teraliri listrik yang dapat dibuktikan dengan memegang harddisk dan merasakan adanya getaran akibat putaran piringan harddisk. Harddisk yang masih dalam kondisi normal memiliki putaran yang cenderung konstan.
  3. Buka terminal pada linux ataupun mac OS. Dalam praktek ini saya menggunakan mac OS
  4. Jalankan perintah sudo bash  untuk menjalankan terminal sebagai super user
  5. Masuk ke root dan jalankan perintah cd /. 
  6. Jalankan perintah pwd untuk memastikan bahwa saat ini sudah path root
  7. Jalankan perintah ls dan lihat apakah ada folder dengan nama Volumes . Pada Mac OS folder Volumes adalah folder yang melakukan listing untuk harddrive yang sedang tersambung pada sistem, termasuk internal harddrive. Pada linux folder ini dapat bernama mount atau mnt.
  8. Jalankan perintah cd/Volumes untuk masuk ke folder volumes. Jalankan lagi perintah  ls kemudian lihat apakah ada nama harddisk external ada terlisting.
  9. Jika belum terlisting, jalankan kembali ls beberapa kali, jika harddisk masih dalam kondisi cukup baik dan mungkin hanya bermasalah pada formatnya (akibat cabut paksa / mendadak diputus saat read / write file) , maka dengan melakukan ls maka harddisk akan dapat terlisting
  10. Jika harddisk sudah terlisting, maka PR selanjutnya adalah memastikan bahwa data-data didalamnya dapat diakses. jalankan perintah cd [nama harddisk] kemudian jika sudah berpindah ke folder utama dari harddisk, jalankan lagi perintah ls jika data isi harddisk sudah terlisting, maka pada umumnya jika dicek pada folder exsplorer harddisk juga sudah terlisting dan dapat diakses secara normal. Namun jika belum, jalankan lagi perintah ls dan jika tidak ada perubahan, jalankan perintah ls -la Jika hal ini sudah dilakukan beberapa kali, dan masih gagal, berarti memang tips ini tidak berhasil untuk memancing listing akses.
  11. Pada saat harddisk berhasil diakses, disarankan untuk segera melakukan backup data ke harddrive lainnya guna mengamankan data-data yang ada. Lalu jika sudah, harddisk dapat diformat untuk mengembalikan kondisi sistem harddisk dalam kondisi fresh. Umur harddisk external dalam kondisi normal adalah 3-5 tahun. Jika harddisk anda sudah melebihi umur penggunaan tersebut, ada baiknya sudah mulai bersiap untuk membeli harddisk yang baru dan melakukan backup agar data-data berharga dapat diamankan

Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>