Review jaringan multimedia part 1
Overview Jaringan Multimedia
Pengertian :
Jaringan multimedia merupakan penggunaan komputer yang terhubung satu sama lain untuk mengkombinasikan teks, grafik, audio, video, dan animasi dengan menggunakan link dan tool yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi, interaksi, dan komunikasi satu sama lain.
Ruang lingkup :
Teks
Merupakan kumpulan karakter – karakter yang dapat dibaca.
Representasi:
- Unformated teks : Data dalam bentuk karakter
- Rich text format : serangkaian karakter format yang telah didefinisikan
- Hypertext : teks yang memiliki fasilitas tautan ke suatu lokasi / alamat
Kompresi :
- Run-Length-Encoding (RLE) : kompresi data teks yang dilakukan jika ada beberapa huruf yang sama yang ditampilkan berturut – turut http://en.wikipedia.org/wiki/Run-length_encoding
Gambar
Suatu representasi objek dalam pandangan 2D atau 3D, kegunaannya mencakup pembuatanya chart, pemberian warna atau icon, dan integrasi antara foto serta text. Visualisasi dari gambar digital merupakan suatu fungsi dengan nilai dari titik – titik pixel. Nilai intensitas dari suatu pixel disebut gray scale level. Untuk melakukan transmisi gambar pada jaringan dibutuhkan jaringan yang mengakomodasi transport data dengan ukuran besar dan reliable.
Representasi :
- 1 bit à binary – valued image (0 – 1)
- 8 bits à gray level (0 – 255)
- 16 bits à high color (216)
- 24 bits à true color (224)
- 32 bits à true color (232)
Kompresi :
- GIF http://en.wikipedia.org/wiki/Graphics_Interchange_Format
- JPEG http://en.wikipedia.org/wiki/JPEG
- PNG http://en.wikipedia.org/wiki/Portable_Network_Graphics