crack MD5 hash via GPU menggunakan hashcat

 

GPU anda biasanya hanya digunakan untuk main game? saatnya sesekali menggunakannya untuk hal yang berbeda. Selain untuk mendongkrak performa tampilan ketika bermain game, jangan lupakan bahwa sejatinya GPU juga merupakan mesin komputasi. Kali ini saya akan berbagi cerita mengenai penggunaan GPU untuk membantu melakukan cracking dari suatu MD5 Hash sehingga kita bisa mengetahui plaintext dari MD5 tersebut. Aplikasi hashcat ini dapat dijalankan di windows dan linux. Pada tulisan ini saya mencoba di environment windows.

Saya baru saja menemukan suatu tools yang bernama Hashcat. Terdapat beberapa jenis yang disediakan oleh hascat ini. Saya sendiri mencoba 2 diataranya, yaitu oclhashcat-plus dan hascat-gui. Menggunakan oclhashcat-plus, kita dapat melakukan cracking MD5 menggunakan GPU yang kita miliki. Hash yang diladeni pun tidak hanya MD5, jika kalian memiliki tipe hash yang lain, bisa juga mencoba hashcat ini untuk crackingnya. Oclhashcat-plus ini merupakan aplikasi yang berjalan pada cmd windows. Merasa tidak biasa dengan layar hitam? disitulah hashcat-gui bisa digunakan untuk mempermudah.

Tak perlu bicara panjang lebar, saya akan tunjukkan sedikit penggunaan hashcat yang telah saya coba. berikut spek teknis dari percobaan penggunaan:

  • tipe hash: MD5
  • file hash: example0.hash (file contoh dari hashcat)
  •  metode cracking : brute force
  • GPU: Nvidia Geforce 560 Ti (zotac)

Pertama – tama yang harus dilakukan adalah pastikan driver anda sudah yg terbaru karena driver lama terkadang membuat hashcat tidak bisa mendetect GPU anda, saya sendiri menggunakan driver 331.82. Setelah itu, silahkan download aplikasi oclhashcat-plus dan hashcat-gui. Saya sangat menyarankan mendownload hashcat-gui untuk mempermudah mempersiapkan command yang akan digunakan pada oclhashcat-plus.

Setelah driver sudah terupdate dan aplikasi sudah terdownload dengan sukses, maka saatnya mempersiapkan file hash yang akan kita crack. Hashcat dapat mengolah banyak hash dalam satu waktu, yang perlu anda lakukan cukup mendaftarkan semua hash kedalam sebuah filetext seperti gambar dibawah ini:

hash file

Ketika membuat file pastikan di bagian akhir berikan satu line kosong, karena jika tidak maka hashcat akan error dan operasi akan dihentikan.

hash file 2

Setelah itu, jalankan aplikasi hascat-gui, silahkan jalankan yang 32 ataupun 64, tidak penting karena kita akan mengeksekusinya di command line, di gui hanya untuk mempermudah mendapatkan command lengkap saja (kalau kalian mudah menghapalkan command untuk setting eksekusi, bisa langsung saja jalankan oclhashcat-plus).

Capture

Gambar diatas merupakan tampilan dari hascat-gui, di bagian button “open” di atas tersebut kita akan memilih file hash mana yang akan diolah, nantinya path dari file tersebut akan muncul. Setelah itu, silahkan set hash type dari file yang akan dicrack (dalam kasus ini MD5) dan di bagian kiri terdapat metodenya (dalam kasus ini menggunakan brute force).  Kemudian beralih ke arah bawah silahkan set kekuatan resource GPU yang akan dialokasikan, berdasarkan pengalaman menggunakan settingan diatas, GPU saya sudah bekerja 99% dengan peningkatan panas yang sangat cepat. Saya sendiri akhirnya membuka case komputer dan menaruh kipas didepannya agar suhu GPU tidak terlampau tinggi. Setelah setting selesai, silahkan lihat di bagian bawah window, maka akan ada text disana, itulah command eksekusinya. Silahkan copy dan mari berlanjut ke cmd.

Silahkan buka cmd.exe kemudian arahkan directory ke tempat dimana file oclhashcat-plus berada. Silahkan cari file cudaHashcat-plus , terdapat 2 jenis yaitu plus32 dan plus64, silahkan sesuaikan dengan OS anda, jika OS anda 32 bit, silahkan gunakan cudaHashcat-plus32.exe , sedangkan jika menggunakan OS 64 bit, bisa menggunakan cudaHashcat-plus64.exe. Kemudian silahkan paste command yang terdapat pada gui tadi ke layar cmd. Silahkan lihat contohnya di gambar dibawah, dilikari merah di pojok kanan atas.

Capture2

Jika ternyata semua tahapan persiapan yang saya sebutkan diatas sudah dilakukan dengan benar, maka program akan mulai berjalan. Dimulai dari data teknis mengenai file hash, konfigurasi, dan spesifikasi GPU yang digunakan. Setelah itu, maka proses cracking akan dimulai, bisa dilihat pada gambar diatas, terdapat deretan hash md5 yang disampingnya merupakan hasil cracknya.

Masih banyak fitur-fitur yang belum saya coba, jadi untuk saat ini hanya sampai disini informasi yang bisa saya sampaikan. Karena ini menggunakan kekuatan GPU tentunya semakin kuat GPU anda, maka semakin cepat pula proses cracking. Sekali lagi saya ingatkan, perhatikan dengan baik suhu GPU anda, jangan sampai overheat dan rusak :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>